Pelaku Usaha Ikan Hias Bekasi Membentuk Asosiasi

Pelaku Usaha Ikan Hias Bekasi Membentuk Asosiasi

BEKASI – Pelaku usaha ikan hias mendeklarasikan pembentukan Asosiasi Ikan Hias Bekasi, Selasa, 8 Mei 2012. Formatur memilih pengusaha ikan hias Atep Setiawan sebagai ketua asosiasi. Kepemimpinan Atep didukung oleh Didi (Wakil Ketua I), Ali Anwar (Wakil Ketua II), Clarence Chua (Sekretaris), Hinsa Siregar (Wakil Sekretaris), Ardin (Bendahara), Rudy Alamsyah (Wakil Bendahara).

Anggota Asosiasi Ikan Hias Bekasi meliputi pelaku usaha ikan hias di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. “Setelah melengkapi kepengurusan, kami akan audiensi dengan Wali Kota Bekasi dan Bupati Bekasi,“ kata Atep usai deklarasi.

Deklarasi yang berlangsung di aula Lapangan Futsal Ali Baba, Pekayon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, itu dihadiri Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga Ketua Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI) DR Suseno Sukoyono, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Ir Slamet Soebijakto, Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi, dan Kapala Dinas Perekonomian Rakyat Abudin Msi, Kepala Bidang Peternakan Edi Kadarusman.

Pembentukan Asosiasi Ikan Hias Bekasi setelah mempertimbangkan usulan Suseno Sukoyono agar agar pelaku usaha ikan hias di Bekasi membentuk asosiasi. “Supaya kalau ada kendala bisa didiskusikan dan diselesaikan secara bersama-sama,” ujar Suseno.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berharap kepada para pelaku ikan hias di Bekasi agar bersinergi antara pelaku dengan pemerintah, Dewan Ikan Hias (DIHI), dan perbankan. “Saya yakin, tidak mudah kalau hanya satu arah,” kata Rahmat dalam silaturahmi pelaku ikan hias dengan DIHI dan pemerintah di Lapangan Futsal Ali Baba, Pekayon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa, 78 Mei 2012.

Rahmat berharap, silatutahmi menghasilkan pointer-pointer yang bisa bermanfaat, terutama untuk pelaku ikan hias. Sedangkan pemerintah akan berupaya memberikan bantuan kemudahan untuk memperoleh permodalan. Saat ini, kata Rahmat, tersedia dana bergulir tanpa bunga sekitar Rp 8 miliar dari PNPM Mandiri dan Bank Syariah.

“Silakan gulirkan dana tersebut sesuai aturan, tanpa bunga tapi berputar,” ujar Rahmat. “Ini bentuk perhatian pemerintah kepada warganya,” katanya. Untuk meningkatkan produktifitas dan berjalan secara maksimal, Rahmat akan menindaklanjuti pembinaan dan penyaluran bantuan melalui Dinas Perekonomian Rakyat, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi. “Dispera harus bergerak secara intensif,” kata Rahmat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Ir Slamet Soebijakto menyatakan salut kepada Pemerintah Kota Bekasi yang mendukung usaha warganya, terutama para pelaku usaha ikan hias.
“Kalau terjadi sinergi seperti ini, saya yakin Kota Bekasi akan menjadi industri ikan hias,” kata Slamet.

Berdasarkan informasi yang peroleh, kata Slamet, Kota Bekasi memiliki ratusan pembudidaya ikan hias dari beberapa jenis yang cocok dengan air dan suhu setempat. “Kalau ada yang menjadi unggulan, Kota Bekasi bisa menjadi ikon ikan hias,” ujar Slamet.

Memang, dia mengungkapkan, volume ekspor mencapai 1,59 juta ekor atau mengalami penurunan 20,38 persen, dibandingkan tahun 2010 sebesar 2 juta ekor. Namun nilainya mengalami kenaikan US$ 16,55 juta atau 2,41 persen dibandingkan tahun 2010 sebesar US$ 16,16 juta.”

Slamet yakin budidaya ikan hias di Indonesia mengalami peningkatan pada masa-masa mendatang. Potensi ikan hias Indonesia diperkirakan mencapai US$ 60 juta sampai US$ 65 juta. “Angka potensi ini akan menandingi Singapura sebagai eksportir terbesar di dunia,” kata Slamet.

Slamet mengungkapkan, Dirjen Perikanan Budidaya telah mengirim surat kepada Dirjen Perhubungan Udara dengan SKEP/255/IV/2011. Surat ini, kata dia, untuk mengakomodasi perlakuan khusus terhadap pemeriksaan ikan hias di bandar udara seluruh Indonesia untuk dibebaskan pemeriksaannya tanpa melalui x-ray dalam pengiriman ikan hias. “Dan telah mendapat persetujuan melalui balasan surat dari Dirjen Perhubungan Udara pada Maret 2012,” kata Slamet.

ALI ANWAR

Satu Tanggapan

  1. kLO MAU jadi anggota gimana pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: