Bahasa Melayu Betawi Akan Diajarkan di Jawa Barat

Jum’at, 06 Februari 2009 | 19:22 WIB

TEMPO Interaktif, Bandung: Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Moh. Wahyudin Zarkasyi mengatakan pilihan bahasa daerah yang diajarkan di sekolah akan bertambah dengan bahasa Melayu Betawi. “Ini usulan dari komuntas Betawi yang banyak terdapat di Bekasi,” katanya di Bandung, Jumat (6/2).

Di Jawa Barat, paparnya, berdasarkan peraturan gubernur mengenai muatan lokal bahasa daerah ada tiga bahasa yang diakui. Yakni bahasa Cerbonan, Sunda, dan Melayu Betawi. Bahasa daerah Melayu Betawi kebanyakan digunakan di Bekasi dan Depok.

Dia mengatakan mulai tahun ini pihaknya menyiapkan bahan ajar untuk bahasa tersebut. Dalam praktik, paparnya, pilihan pengajaran bahasa itu tergantung komunitas tempat sekolah itu berada.

Dia mencontohkan, di Bekasi nanti boleh memilih mengajarkan bahasa Sunda atau Melayu Betawi. Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Hilman mengatakan Balai Bahasa Daerah lembaganya tahun ini tengah menyusun bahan ajar bahasa Melayu Betawi itu. Acuan bahasa itu sendiri masih digodok. “Buku teksnya saja tidak ada,” katanya. AHMAD FIKRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: