Bekasi Dibom Sekutu di MetroTV

Bekasi Dibom Sekutu di MetroTV

Stasiun televisi MetroTV mengemas peristiwa bersejarah di Bekasi sepanjang perang kemerdekaan 1945 dalam program MetroFile, Ahad, 31 Agustus 2008, pukul 20.05-21.00.

Peristiwa sejak pendudukan militer Jepang, proklamasi, rapat raksasa ikada, perintah mundur pasukan republik ke luar Jakarta, pembunuhan terhadap 90 orang tentara Jepang di Stasiun Bekasi dan kali Bekasi, jatuhnya pesawat Dakota Sekutu-Inggris di Rawa Gatel serta pembunuhan 26 orang tentaranya sampai Pemboman Bekasi oleh Sekutu pada 13 Desember 1945.

Nara sumbernya sejarawan Bekasi Ali Anwar, Veteran Pejuang Bekasi Madinah, wartawan senior Rosihan Anwar, wartawan Des Alwi, Herman Saren Sudiro, dan Azis. Dokumentasinya menggunakan buku Bekasi Dibopm Sekutu karya Ali Anwar, video yang dishooting Des Alwi dan ARsip Nasional RI, dan koran sejaman.

Semula penayangan yang bersamaan dengan hari pertama tarawih ramadhan itu sempat membuat ketar-ketir, khawatir “kalah” dengan tarawih. Agar tidak “kalah” Ali Anwar mengirim SMS kepada sekitar 80 orang di Bekasi dan sekitarnya yang diasumsikan tertarik bakal menonton usai tarawih.

Hasilnya, cukup memuaskan. Bahkan ada rekan yang kebetulan menjadi imam salat tarawih di Kabupaten Bekasi, Amin Fauzi, mengimbau kepada jamaah agar setelah salat tarawih langsung nonton MetroTV. “Alhamdulillah, mereka antusias. Kinim kami sedang nonton bareng,” kata Amin saat tayang melalui telepon selularnya kepada Ali Anwar.

Berbagai SMS masuk. Ada sekitar 30 pesan pendek. Rata-rata senang dan takjub. Namun ada pula yang protes dengan kapasitas Herman Saren Sudiro yang tidak ada di Bekasi dan Azis yang hanay sekretaris Zakaria, bukan pelaku atau sejarawan. “thx juga buat kritik dan sarannya..” kata produser Metrofile, Moriza.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: